Skip to content

ENTROPY BALANCE

Oktober 16, 2008

Entropi merupakan ukuran kekacauan atau keacakan molekular sistem, dan hukum II termodinamika menyatakan bahwa entropi dapat diciptakan tetapi tidak dapat dimusnahkan. Oleh karena itu, perubahan entropi sistem selama proses adalah lebih besar dari perpindahan entropi oleh sejumlah yang sama dengan entropi yang dihasilkan selama proses di dalam sistem.

Sin – Sot +Sgen = Delta S system

Mekanisme Perpindahan Entropi,

Entropi dapat ditransfer ke atau dari suatu sistem oleh dua mekanisme: perpindahan panas dan aliran massa (sebaliknya, energi ditransfer oleh kerja juga). Perpindahan entropi dikenal pada batas sistem karena persilangan batas, dan itu menunjukkan entropi memperoleh atau kehilangan oleh sistem selama proses. Satu-satunya bentuk dari interaksi entropi berhubungan dengan suatu massa tetap atau sistem tertutup adalah perpindahan panas, dan dengan demikian perpindahan entropi selama sistem tertutup adiabatik adalah nol.

Irreversibilitas seperti gesekan, pencampuran, reaksi kimia, perpindahan panas melalui suatu perbedaan temperatur yang terbatas, ekspansi yang tak dikendalikan, kompresi keseimbangan non-quasi-, atau ekspansi yang sekemudian menyebabkan entropi dari suatu sistem untuk meningkat, dan entropi generasi adalah suatu ukuran dari entropi yang diciptakan oleh efek tersebut selama proses.

Untuk suatu proses reversibel (suatu proses tanpa melibatkan irreversibilitas), entropi generasi sama dengan nol sehingga perubahan entropi dari suatu sistem sama dengan perpindahan entropi. Oleh karena itu, hubungan kesetimbangan entropi di dalam kasus yang reversibel menjadi analisator ke hubungan keseimbangan energi, menyatakan bahwa perubahan energi dari suatu sistem selama suatu proses sama dengan perpindahan energi selama proses tersebut. Bagaimanapun, perlu dicatat bahwa perubahan energi dari suatu sistem sama dengan perpindahan energi untuk setiap proses, tetapi perubahan entropi dari suatu sistem sama dengan perpindahan entropi hanya terjadi untuk proses reversibel.

Perpindahan entropi oleh panas sama dengan nol untuk sistem adiabatik, dan perpindahan entropi oleh massa ms sama dengan nol untuk sistem yang tidak melibatkan aliran massa melewati batasnya (misalnya pada sistem tertutup).

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: