Skip to content

ENERGI FROM WIND AND OCEAN

Oktober 17, 2008

SEJARAH PENGGUNAAN ENERGI ANGIN

Sebagian besar tenaga yang terkandung dalam gerakan udara dalam bentuk angin. Orang-orang Persia pertama kali membuat dengan kincir angin pada 250 S.M., di mana beberapa daerah masih digunakan saat ini. Layar yang mereka miliki berputar secara vertikal dalam arah axis dengan cara carousels. Salah satu pandangan dari orang-orang Persia tentang kincir angin yang ada ditunjukkan dalam gambar 1. Angin itu ditangkap melalui layar yang diikatkankan diantara jari-jari yang berputar pada bagian atas dan bagian bawah dari suatu tungkai yang ada.

Gambar 1. Kincir Angin Persia Arah Vertikal

Penggunaan kincir horisontal, yang mempunyai layar yang berputar di sekitar axis horisontal, menyebar ke seluruh dunia Islam setelah Arab merebutnya dari Iran. Kincir angin di Eropa pada abad ke-11 adalah juga suatu tipe axis horisontal dan pada abad ke-17 Belanda telah menjadi negara yang paling maju dalam industri di dunia melalui penggunaan tenaga angin pada kapal-kapal yang dikenal dengan kincir angin Belanda. Sketsa kincir angin Belanda adalah ditunjukkan dalam Gambar 2.

Di Amerika, kincir angin yang pertama adalah dibangun beberapa mil dari Jamestown di Virginia. Warga Belanda yang berada di pantai Manhattan dengan kincir angin
Dua kincir angin yang paling kuat yang pernah dibuat pada suatu jurang tebing di laut Pasifik di San Fransisco Golden Gate park, dimana juga digunakan untuk memompa air. Selama abad ke-18, banyak peningkatan-peningkatan yang penting dimana telah dibuat kincir angin horisontal. Kincir angin ini di buat dengan 6 – 12 layar yang dibuat dari kain layar yang dibentangkan dengan menggunakan kerangka kayu.

Selama abad-18, banyak peningkatan-peningkatan yang penting yang telah dibuat dengan kincir angin horisontal. Kincir angin ini dibuat dengan 8 – 12 layar. Pada akhir abad-18 kincir angin ini ditandai dengan penggunaan 4 – 6 lengan yang didukung layar persegi panjang yang panjang. Pada tahun 1750, Belanda mempunyai 8000 kincir angin yang beroperasi. Di Jerman terdapat lebih dari 10.000 kincir angin menjelang pertengahan abad ke-19. Rancangan-rancangan dari kincir angin terus berlanjut, dikembangkan dan ditingkatkan. Seperti penggunaan layar, seperti semua yang ada di Venetian blinds atau penggunaan baling-baling.
Penggunaan kekuatan angin untuk kapal-kapal layar perdagangan komersial yang sebelumnya telah digunakan beberapa ribu tahun yang lalu. Meskipun penggunaan dari kapal-kapal layar untuk perdagangan komersial itu mulai diperkenalkan awal tahun 1800-an. Kematian dari era kapal clipper adalah dimulai dengan memperkenalkan S.S. Savannah, yang mana pada tahun 1819 adalah kapal uap yang pertama yang melintasi Laut Atlantik. Secara aktual, S.S. Savannah adalah suatu kapal layar dengan bantuan tenaga uap yang besar, yang mana digunakan untuk menyuplai tenaga angin yang ada, tetapi keuntungan ini ternyata terbukti menjadi penting. Savannah yang berbobot 320 ton dapat menjelajah pada 5 knot dengan mesin 72 Hp (15 kW), atau pada 7 – 9 knot saat menggunakan layar. Keuntungan-keuntungan dari kapal mesin uap adalah kemampuan yang dimiliki untuk mempertahankan suatu jadwal yang stabil untuk perdagangan dan awak yang diperlukan lebih sedikit dibandingkan dengan kapal layar. Semua faktor-faktor yang bersifat ekonomis ini, masih berlaku hingga sekarang ini dalam penggunaan tenaga angin untuk memberikan tenaga kapal di laut.

One Comment leave one →
  1. dwi hendra permalink
    Oktober 20, 2009 7:49 am

    saya ingin merancang sebuah kincir angin ataupun kincir air yang kemungkinan berukuran yang lebih mini,.
    di inginkan dapat di gunakan perkemahan,.

    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: