Skip to content

PEMBANGKIT DAYA OTEC WESTINGHOUSE

Februari 5, 2009

Abstrak,-

OTEC R & D Amerika Serikat telah memusatkan perhatian pada siklus tertutup dengan ammonia sebagai fluida kerja. Siklus terbuka memberikan sejumlah keuntungan, termasuk biaya kompetitif. Dua ciri khas yang amat penting pada perlindungan turbin dalam hal kerugian beban dan tidak tersedianya evaporator biofouling. Konsep siklus terbuka Westinghouse berangkat dari pendekatan awal yang mengalokasikan deaerasi pada flash evaporator. Westinghouse mengusulkan untuk membuat semua unsur noncondensibles mengalir ke dalam kondensor. Tulisan ini menyimpulkan ciri utama dari konsep ini (konsep siklus terbuka dan tertutup) dan menampilkan pembahasan yang sistematis mengenai segi prestasi dan biaya.

1. PENDAHULUAN.

Situasi minyak dunia sekarang ini telah membawa re-evaluasi terhadap sumber-sumber energi alternatif. Upaya ini digalakkan oleh Departemen Energi Amerika Serikat ke arah penyelidikan untuk mengurangi ketergantungan Amerika terhadap minyak impor, yang terdiri dari bagian penelitian yang diarahkan pada pembaharuan sumber-sumber energi. Salah satu sumber energi yang dapat diperbaharui adalah perbedaan temperatur yang berada dilautan. Energi surya menyebabkan perbedaan ini dan secara khusus konversi energi panas laut (OTEC), menyumbangkan potensi signifikan terhadap kawasan pantai tropis.
Perusahan listrik Westinghouse telah aktif mendesain pembangkit tenaga OTEC. Gambar 1 menjelaskan skema pembangkit tenaga OTEC siklus terbuka 100 MWe net electrical output. Gambar 2 adalah skema untuk pembangkit tenaga OTEC Siklus tertutup 50 Mwe net electrical output. Desain ini dilakukan di bawah kontrak divisi energi surya departemen energi Amerika Serikat.

westinghouse 100mw

westinghouse 50MW

Desain power sistem untuk siklus terbuka dan siklus tertutup dengan optimasi komputer guna mengurangi biaya dalam sistem non-intuitive yang tinggi. Untuk setiap siklus, konfigurasi pembangkit tenaga khusus dikembangkan dalam hubungannya dengan spesifikasi kontrak. Kondisi disain dinamis dan off (start-up, shut down, part load, overload, temperatur air laut yang bervariasi dan level biofouling yang bervariasi pula) disimulasi untuk pembangkit tenaga OTEC ini, dan dianalisa secara luas dengan program komputer yang disesuaikan untuk mendemonstrasikan sistem respon sementara dan transfer inventory fluida kerja, serta untuk menentukan spesifikasi khusus mengenai keseimbangan pembangkit.

OTEC bukan sebuah konsep baru. Ditinjau dari sejarahnya pada tahun 1882 ketika ilmuan Perancis, D’Arsonval mengemukakan bahwa dengan menggunakan siklus carnot akan memungkinkan penggunaan temperatur fluida yang berbeda dalam menghasilkan power. Insinyur Perancis, George Claude mengikuti ide D’Arsonval yang pada tahun 1930 menlakukan eksperimen di Matanza Bay, Kuba, untuk membuktikan bahwa daya listrik pada dasarnya bisa dihasilkan oleh perbedaan temperatur air. Claude membuktikan temuannya dengan memproduksi antara 12 dan 22 KW dengan menggunakan small pilot plant dengan 200 L/detik (3170 gal per min) air dingin (13-17 0 C). Tetapi kesulitan eksperimen Claude berhubungan dengan pemasangan jalur pipa berdiameter besar ke dalam perairan tropis yang dalam. Cuaca, harga minyak yang rendah, teknologi prematur, dan depresi ekonomi menghambat Claude melakukan eksperimen yang lebih jauh.

Eksperimen lain selanjutnya didokumentasikan dalam makalah E.D. Howe (1957) yang berjudul “Distilasi Kilat Vakum Air Laut” yang menggambarkan basis lahan proyek OTEC pada U.C Berkeley dengan jangkauan yang terbatas, yang sangat sukses dalam menghasilkan daya dan air bersih. Konsep pembangkit OTEC land-based telah dikemukakan dari waktu ke waktu sebagai bahan untuk membuktikan kemampuan praktis power sistem OTEC tanpa kesulitan dengan sistem water-based.

One Comment leave one →
  1. ingratoeboen permalink
    Februari 19, 2009 4:37 am

    thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: