Skip to content

KOLESTEROR ???, BINATANG APA SIH ??

Februari 16, 2009

Kolesterol sebenarnya adalah salah satu komponen lemak yang terdapat dalam peredaran darah. Kolesterol sangat dibutuhkan tubuh terutama untuk membentuk dinding sel (membran sel). Di samping itu, kolesterol juga merupakan bahan dasar pembentukan hormon serta diperlukan bagi fungsi-fungsi tubuh lainnya. Namun bila kadar kolesterol dalam darah berlebih dapat menimbulkan kondisi yang disebut Hypercholesterolemi a yang berisiko menyebabkan penyakit jantung dan stroke.
Dari mana kolesterol berasal?

Normalnya, kolesterol diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat, atau sekitar 75% dari keseluruhan kolesterol yang ada di dalam tubuh. Sisanya, sebanyak 25%, berasal dari makanan yang kita konsumsi.
‘Si Baik’ & ‘Si Jahat’
Terdapat berbagai macam kolesterol dalam darah. Ada yang bersahabat bagi tubuh, tapi tidak sedikit juga yang berbahaya.
Kolesterol yang termasuk kategori kolesterol baik, yaitu:
• HDL (High Density Lipoproteins)
Sekitar ¼ hingga 1/3 bagian kolesterol dalam darah terdiri atas kolesterol HDL. Semakin tinggi kadar kolesterol ini, akan semakin mengurangi risiko penyakit jantung.
Sementara, kolesterol yang termasuk kategori kolesterol jahat, yaitu:
• LDL (Low Density Lipoproteins)
Terlalu banyak kolesterol LDL dalam darah akan menyebabkan keadaan atheroscherosis, yaitu terjadinya deposit atau penimbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah yang menyumbat aliran darah dan mengurangi fleksibilitas pembuluh darah, sehingga dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke.
• Trigliserida
Sebanyak 60% dari total kolesterol merupakan trigliserida. Jadi, mereka yang kadar trigliseridanya tinggi cenderung memiliki kolesterol yang tinggi. Tingginya kadar trigliserida dalam darah mengindikasikan kegemukan, kurangnya aktivitas fisik, kebiasaan merokok, minum alkohol berlebihan, serta tingginya konsumsi karbohidrat.
• Lp(a)
Tingginya kadar Kolesterol Lp(a), atau juga dikenal sebagai Lipoprotein( a), mempertinggi kecenderungan atheroscherosis dan penyakit jantung koroner.
Semakin tinggi, semakin berisiko
Tingginya kolesterol merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung dan stroke, terutama jika ditambah kondisi tekanan darah yang tinggi atau diabetes. Maka, jagalah kesehatan di antaranya dengan pola makan seimbang, misalnya mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayuran atau buah-buahan serta membatasi konsumsi makanan berkolesterol tinggi, melakukan aktivitas fisik yang cukup, mempertahankan berat badan normal, dan menghindari rokok

One Comment leave one →
  1. jaya santoso permalink
    November 7, 2009 12:01 pm

    Yth.
    Mohon kami dapat dikirimkan jenis/nama makanan dan minuman apa saja yg baik dan yg berkolestror tinggi. Tks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: