Skip to content

DAFTAR ISTILAH-ISTILAH THERMODINAMIKA

Februari 19, 2009

Berikut beberapa daftar istilah – istilah dalam thermodimamika :

1. Makroskopik
Cara pengamatan thermodinamika yang ditinjau secara keseluruhan atau disebut thermodinamika klasik di mana model struktur materi pada tingkat molekuler, atomik dan sub atomik tidak dipergunakan secara langsung yang memungkinkan evaluasi aspek penting dari perilaku sistem melalui pengamatan secara langsung.

2. Mikroskopik
Cara pengamatan thermodinamika atau disebut Thermodinamika Statistik yaitu Proses thermodinamika yang dikaji dan ditinjau langsung pada tingkat struktur dari materi, yang dimaksudkan untuk mempelajari perilaku rata-rata dari partikel penyusun sistem dengan menggunakan pengertian statistik dan meghubungkannya dengan hasil observasi perilaku sistem secara makroskopik.


3. Sistem sederhana
Sistem makroskopik homogen, isotropik, tidak bermuatan dengan proses kimia yang lambat.

4. Energi Dalam
Semua energi yang terkandung pada molekul dengan memperhitungkan semua modus energi dalam skala mikroskopik.

5. Sistem
Segala sesuatu yang akan ditinjau atau dipelajari, yang dapat berupa benda sederhana atau benda yang lebih kompleks, yang mana komposisi materinya dapat tetap atau berubah akibat reaksi kimia atau nuklir, contohnya kompresi gas dalam selinder atau balon gas yang ditiup

6. Keseimbangan Thermodinamika
yaitu keadaan di mana pada suatu sistem tidak terjadi perubahan pada besaran-besarannya seperti Tekanan (P), volume (V), Temperatur (T), Entalpi (H), Entropi (S), Energi dalam (U) dan rapat massa dan jumlah mol pada komponen kimia (Postulate I).

7. Batas Sistem
Daerah yang menjadi pemisah antara sistem dengan lingkungannya.

8. Sistem Terisolasi
Adalah satu bentuk khusus dari sistem tertutup di mana materi apapun dan dengan cara apapun tidak dapat melewati batas sistem dan berinteraksi dengan lingkungannya.

9. Sistem Terbuka (Volume kontrol)
Sistem yang dapat berinteraksi dengan lingkungannya atau massa (m), panas (q) dan kerja(w) dapat masuk dan keluar dari sistem.

10. Sistem Tertutup (Massa kontrol)
Sistem yang terdiri dari sejumlah massa yang tetap dan tidak ada massa yang melewati batas sistem. Jadi tidak ada massa yang masuk atau keluar dari sistem tetapi energi baik dalam bentuk kerja(w) atau panas (q) dapat melewati batas sistem.

11. Sifat (properti) sistem
Adalah karakteristik makroskopik dari suatu sistem, yang nilai numeriknya dapat diketahui pada suatu waktu tertentu tanpa mengetahui sejarah dari sistem tersebut. Yang termasuk dari sifat-sifat sistem antara lain adalah: volume, massa, energi, temperatur, tekanan dsb, sedangkan yang bukan merupakan sifat sistem seperti : laju aliran massa dan perpindahan energi dalam bentuk kerja dan kalor.

12. Keadaan Sistem
Kondisi sistem yang dapat ditentukan oleh sifatnya.

13. Proses
yaitu perubahan sifat dari suatu sistem sehingga terjadi perubahan keadaan dari sistem tersebut atau lintasan yang dilalui perubahan keadaan suatu sistem.

14. Fase
yaitu menggambarkan sejumlah materi yang homogen dalam komposisi kimia maupun struktur fisiknya.

15. Zat Murni
yaitu sesuatu yang memiliki komposisi kimia yang sama dan tetap.

16. Siklus Thermodinamika
yaitu merupakan suatu urutan proses yang berawal dan berakhir pada keadaan yang sama.

17. Parameter Ekstensif
Adalah parameter yang berbanding lurus dan tergantung dari jumlah zat atau ukuran sistemnya. Contohnya : volume, massa, energi dalam, energi total, luas permukaan dan lain-lain.

18. Parameter Intensif
Adalah parameter yang tidak tergantung dari jumlah zat, besaran atau ukuran sistemnya. Contohnya : temperatur, tekanan, densitas dan intensitas medan listrik.

19. Proses Quasi-Statik
yaitu suatu proses thermodinamika yang sangat ideal di mana perubahan entropi pada suatu sistem sama dengan perubahan panas sistem dibagi dengan temperatur sistem, di mana pada proses aktual perubahan entropi pada suatu sistem selalu lebih besar dari perubahan panas sistem dibagi dengan temperatur sistem.

20. Persamaan Keadaan
Hubungan yang menyatakan parameter intensif dalam kaitannya dengan parameter ekstensif tersendiri.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: