Skip to content

KERJA DAN ENERGI

Maret 2, 2009

Kerja dan energi adalah salah satu konsep yang paling penting dalam fisika dan memainkan peranan yang penting dalam kehidupan kita sehari –hari, dalam fisika kerja diberi definisi yang tepat yang berbeda dari pemakaian kita sehari – hari. Kerja dilakukan pada suatu benda oleh sebuah gaya hanya bila titik tangkap gaya itu bergerak melewati suatu jarak dan ada komponen gaya sepanjang lintasan geraknya.


Yang sangat erat berhubungan dengan konsep kerja adalah konsep energi, yang tak lain adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Jika kerja dilakukan oleh suatu sistem pada sistem lain, energi dipindahkan antara kedua sistem tersebut. Salah satu prinsip yang paling penting dalam sains adalah kekekalan energi. Energi total sebuah sistem dan lingkungannya tidak berubah. Bila energi sistem berkurang, maka selalu ada pertambahan energi yang terkait dengan lingkungannya atau sistem lain. Pada sap ini akan dijelaskan konsep dasar kerja dan energi

Kerja
Di dalam kehidupan sehari-hari, seorang yang sedang belajar atau membaca dapat dikatakan sedang melakukan kerja. Tetapi di dalam ilmu fisika, pengertian kerja tidak sesederhana tersebut. Kerja menurut ilmu fisika harus dikaitkan dengan adanya perpindahan, sehingga kerja dapat didefinisikan sebagai berikut :
Besar kerja yang dilakukan oleh sebuah gaya luar yang bekerja pada suatu benda sama dengan perkalian antara gaya (F) tersebut dengan perpindahannya (d).

Energi kinetik dan Prinsip Kerja – Energi.
Energi merupakan konsep yang sangat penting dalam dunia sains. Timbul pertanyaan apakah itu energi ? Pengertian energi sangat luas sekali sehingga susah untuk didefinisikan seperti energi metabolisme,energi termal, energi nuklir, energi kimia, energi kristal dsb. Selain itu ada yang mudah dideskripsikan seperti energi kinetik (translasi) dan energi potensial (mekanik).
Secara sederhana energi dapat didefinisikan yaitu kemampuan untuk melakukan kerja, definisi ini tidak terlalu tepat dan juga tidak berlaku umum. Namun cukup bagus sebagai awal pembahasan terutama dikaitkan dengan energi mekanik.
Sebuah benda yang sedang bergerak memiliki kemampuan untuk melakukan kerja dab dengan demikian dapat dikatakan mempunyai energi. Energi gerak disebut energi kinetik, dari kata Yunani Kinetikos yang berarti ”gerakan”
Untuk mendapatkan definisi kuantitatif dari energi kinetik, mari kita bayangkan sebuah benda dengan massa m yang sedang bergerak pada garis lurus dengan laju awal v1. Untuk mempercepat benda secara beraturan sampai laju v2, gaya total konsta Ftot diberikan padanya dengan arah yang sejajar dengan geraknya sejauh jarah d. Kemudian kerja total yang dilakukan pada benda itu adalah Wtot = Ftot X d.

Energi potensial.
Selain dari pengertian di atas, sebuah benda juga mungkin memiliki energi potensial, yang merupakan energi yang merupakan energi yang dihubungkan dengan gaya – gaya yang bergantung pada posisi atau konfigurasi benda dan lingkungannya. Berbagai jenis energi potensial dapat didefinisikan, dan setiap jenis dihubungkan dengan suatu gaya tertentu.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: