Skip to content

ALAT EKSPANSI PADA SISTEM REFRIGERASI

Mei 18, 2009
Expansion Device

Alat ekspansi dipergunakan untuk mengekspansikan secara adiabatik cairan refrigeran yang bertekanan dan bertemperatur tinggi sampai mencapai tingkat keadaan tekanan dan temperatur rendah; jadi melaksanakan proses trotel atau proses ekspansi enthalpi konstan. Selain itu, katup ekspansi mengatur pemasukan refrigeran sesuai dengan beban pendinginan yang harus dilayani oleh evaporator.

Jadi alat ekspansi mengatur supaya evaporator dapat selalu bekerja sehingga diperoleh efisiensi siklus yang maksimal. Pada gambar di atas diperlihatkan keadaan pada waktu alat ekspansi membuka saluran sesuai dengan jumlah refrigeran yang diperlukan oleh evaporator, seperti ditunjukkan oleh (a), sedemikian rupa sehingga refrigeran menguap sempurna pada waktu keluar dari evaporator.

Alat ekspansi

Apabila beban pendinginan turun seperti pada gambar (b), atau apabila katup ekspansi membuka lebih lebar, maka refrigeran didalam evaporator tidak menguap sempurna, sehingga refrigeran yang terisap masuk ke dalam kompressor mengandung cairan. Apabila hal tersebut terjadi dalam waktu cukup lama, sebagian uap akan mencair kembali, dan katup kompressor akan mengalami kerusakan. Jika jumlah uap refrigeran yang mencair bertambah banyak atau apabila kompressor mengisap cairan, maka akan terjadi pukulan cairan (liquid hammer) yang dapat merusak kompresor.
Apabila beban pendinginan bertambah besar seperti terlihat pada gbr. (c), atau apabila pembukaan katup ekspansi bertambah kecil, cairan refrigeran akan menguap sempurna sehingga ada pada kondisi superpanas ketika mencapai seksi keluar evaporator. Dalam hal tersebut kalor yang diserap menjadi bertambah besar, sehingga temperatur uap refrigeran makin lebih tinggi daripada temperatur penguapannya (superpanas). Derajat superpanas yang rendah tidak akan mengganggu; tetapi, derajat superpanas yang terlampau besar akan menyebabkan temperatur gas refrigeran keluar dari kompresor terlampau tinggi. Dalam hal tersebut terakhir kompresor akan bekerja pada temperatur yang sangat tinggi, sehingga cepat rusak.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: