Skip to content

TIPE – TIPE CLINKER COOLER PADA INDUSTRI SEMEN

Mei 18, 2009
cooler

Pendinginan klinker sangat penting untuk konsumsi panas pada kiln dan kualitas semen. Proses ini dilakukan oleh sebuah alat pendingin. Ada tiga tipe dari pendingin yang umum digunakan : rotary coolers, planetary coolers dan grate coolers.

Grate cooler yang paling umum digunakan karena alat tersebut menjamin temperatur terendah klinker dan kapasitas tertinggi kiln.
Planetary coolers pada posisi kedua, di mana alat tersebut menjulang pada kiln dan udara untuk pendinginan diperoleh dari fan kiln. Rotary cooler yang paling jarang digunakan.

Superioritas dari grate cooler oleh karena pemamfaatan sebaik-baiknya (efisien) dari udara tersier yang disuplai ke calciner.
Efisiensi dari rotary dan planetary coolers berhubungan erat dengan perpindahan panas, yang meningkat melalui konfigurasi geometrik dari cooler dan penyusunan dari internal fittings. Sistem spesial dengan elbow dan different lifter, dari planetary dan rotary cooler telah dikembangkan oleh Magotteaux dan Estanda.
Planetary dan rotary cooler memiliki batasan laju udara, biasanya 0,85 – 0,95 nm3/kg dari klinker, tergantung pada konsumsi bahan bakar dari kiln dan diatur oleh kiln ID fan.
Untuk alasan ini, tempertur klinker melebihi 150 derajat Celcius dan digunakan injeksi air. Kebalikannya, kuantitas dari udara pada grate cooler yang disuplai oleh fan khusus adalah lebih besar sampai 2,5 nm3/kg dari klinker dan temperatur klinker menjadi rendah, biasanya kurang lebih 50 C + temperatur lingkungan. Meskipun demikian, masalah yang umum adalah udara keluar harus diselesaikan. Solusinya adalah menggunakan udara keluar untuk mengeringkan raw material, slag dan batu bara. Pada kasus lain diproduksi energi listrik. Untuk dedusting udara keluar, electrofilter dari gravel bed digunakan.

cooler pada industri semen

bersambung………

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: