Skip to content

PERALATAN SERVIS DAN RETROFIT MESIN PENDINGIN

September 21, 2010
Lachigau

DEFINISI


Servis : Tindakan perawatan atau perbaikan yang menyebabkan refrigeran harus dikeluarkan dari dalam sistem.

Retrofit : tindakan konversi atau penggantian refrigeran CFC dengan refrigeran baru (yang bebas khlor dan tidak merusak lingkungan)

Recovery adalah proses pemindahan refrigeran dari dalam suatu sistem refrigerasi ke dalam suatu tabung/tangki penampung.

Recycle / daur ulang adalah proses peningkatan kemurnian refrigeran bekas dengan peralatan khusus, melalui proses fisika dengan jalan penyaringan dan pemisahan minyak pelumas dan gas yang tidak dapat mengembun (non-condensable gas) untuk digunakan kembali.
Retrofit : tindakan konversi atau penggantian refrigeran CFC dengan refrigeran baru (yang bebas khlor dan tidak merusak lingkungan)


PERALATAN SERVIS

  • Peralatan listrik
  • Peralatan pipa
  • Peralatan penanganan refrigeran
  • Peralatan umum

PERALATAN LISTRIK

Tang multimeter digital

Clampmeter digital

Clampmeter digital

Untuk mengukur tahanan, tegangan, arus listrik, dengan melingkarkan tang pada salah satu kabel yang bertegangan (line), atau bisa juga dengan kabel penghubung.

Termometer digital

termokopel dan termometer infra red

termokopel dan termometer infra red

Alat ini digunakan untuk mengukur temperatur dan sebaiknya kemampuan pengukuran temperaturnya sekitar -50C sampai 70C. Sensor pada termometer ini dipasang pada media yang akan diukur misalnya pipa refrigeran atau udara

PERALATAN PIPA

Pemotong pipa

Pemotong pipa

Pemotong pipa

Digunakan untuk memotong pipa agar potongan menjadi rata dan pipa tetap bulat serta tidak ada retakan, hal ini penting diperhatikan agar pada saat pipa diflair atau diswage pipa tidak mengalami pecah dan hasilnya baik.

Pemotong pipa kapiler

Digunakan untuk memotong pipa yang berukuran kecil seperti pipa kapiler. Hal ini ditujukan agar penampang pipa yang kecil tetap bulat dan tidak tersumbat ketika dipotong

Pembengkok pipa

Digunakan untuk melengkungkan pipa tembaga agar penampang pipa pada belokan tidak berubah

Pemotong pipa kapiler dan pembengkok pipa

Pemotong pipa kapiler dan pembengkok pipa

Alat untuk flaring dan swaging

Digunakan untuk menyambung pipa dengan niple atau pipa lain dengan cara membesarkan ujung pipa.

Tang Penusuk

Digunakan untuk melubangi pipa berisi refrigeran dengan tujuan mengambil refrigeran. Tang ini dilengkapi dengan jarum berlubang di dalam selubung karet, ketika dijepitkan ke pipa, jarum akan melubangi pipa.

Alat Pierching

Digunakan untuk membuat lubang pada pipa sistem mesin pendingin sedemikian rupa sehingga refrigeran dalam sistem dapat tersalur ke tabung penyimpanan
Tang penjepit

Digunakan untuk menjepit pipa berisi refrigeran sebelum pipa tersebut dipotong.

Alat flaring & swaging, tang penusuk, pierching dan tang penjepit

Alat flaring & swaging, tang penusuk, pierching dan tang penjepit

Alat Brazing

Digunakan untuk menyambung pipa atau menutup kebocoran. Pipa yang akan disambung biasanya dipanaskan di atas temperatur material pengisi tetapi masih di bawah titik leleh material pipa (antara 600 – 800 C). Pemanasan dilakukan dengan semburan api obor hasil pembakaran bahan bakar dengan oksigen atau udara.

Brazing

Brazing

PERALATAN PENANGANAN REFRIGERAN

Pompa Vakum
Digunakan untuk mengosongkan refrigeran dari sistem sehingga dapat menghilangkan gas-gas yang tidak terkondensasi seperti udara dan uap air. Hal ini perlu dilakukan agar tidak mengganggu kerja mesin refrigerasi. Uap air yang berlebihan dapat memperpendek umur operasi filter drier dan penyumbatan pada bagian sisi tekanan rendah seperti pada katup ekspansi. Adanya gas-gas yang tidak terkondensasi dalam sistem akan menghalagi perpindahan panas di kondensor dan evaporator dan menaikkan tekanan keluaran. Adanya air juga menyebabkan korosi, penimbunan kerak dan menyebabkan pelumas menjadi asam.

pompa vakum

pompa vakum

Gauge manifold

Digunakan untuk mengukur tekanan refrigeran baik pada saat pengisian maupun pada saat beroperasi. Yang dapat dilihat pada gauge manifold adalah tekanan evaporator dan tekanan kondensor. Ada dua jenis gauge manifold yaitu gauge manifold dua laluan dan empat laluan

Gauge manifold

Gauge manifold

Alat pendeteksi kebocoran

Pendeteksi kebocoran

Pendeteksi Kebocoran

Digunakan untuk memeriksa kebocoran pada sistem refrigerasi. Deteksi kebocoran dapat dilakukan dengan menggunakan pendeteksi refrigeran elektronik atau dengan cara konvensional yaitu gas nitrogen dan air sabun

Mesin 3R

Mesin 3R

Mesin 3R

Mesin ini adalah mesin Recovery, Recycle dan Recharging. Mesin 3R memiliki tiga fungsi yaitu untuk mengeluarkan dan menangkap refrigeran (recovery), mendaur ulang refrigeran yang ditangkap (recycle) dengan cara memisahkannya dari pelumas dan menyaring kotoran padat, dan mengisikan kembali refrigeran yang ditangkap. Alat ini dibuat dalam satu mesin agar tidak ada refrigeran yang terlepas ke atmosfer sebagai akibat adanya pergantian selang pada setiap proses.

PERALATAN UMUM

Peralatan umum yang sebaiknya ada adalah:
– Kikir datar        – Kikir bulat
– Obeng                 – Kertas amplas
– Kunci inggris   – Kunci pembuka katup gas
– Sikat kawat       – Palu
– Tang                    – Gergaji besi
– Kunci L

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: